BradSugar” Never wish your life were easier … Wish that YOU were BETTER “

Kalimat quote ini selalu disampaikan oleh Coach dari actionCoach pada akhir sesi seminar maupun coaching. Dalam rapat rutin di JagoanHosting kemarin akhirnya saya harus kembali mengingatkan saya pribadi dan team tentang quote tersebut.

Dalam 3 bulan terakhir team JagoanHosting memang disibukan dengan pembuatan Sistem Operation Procedure (SOP), validasi data pelanggan, penambahan infrastruktur baru, peluncuran produk baru dan juga penambahan anggota team. Kemarin sore saya menangkap gejala yang kurang tepat dari team saya tentang sudut pandang mereka pada apa yang telah kami lakukan selama ini. Hampir semua anggota team berharap segala sesuatunya menjadi lebih mudah setelah apa yang telah kita tetapkan sebagai tujuan TERCAPAI. Goal 3 Bulan yang telah di setting pada akhir bulan Agustus 2007 (sebagian besar goal adalah pembentukan sistem) pada minggu kedua bulan Desember 2007 telah dapat dicapai dengan skala 100%. Tetapi terdapat masalah lain yang muncul : Kenapa pekerjaan Team semakin banyak ? bukankan harusnya jauh lebih mudah ?

Menangkap gejala – gejala ini maka dalam sesi sharing pada rapat rutin mingguan kami melakukan analisa dan review, apakah benar pekerjaan tidak menjadi lebih mudah dengan adanya sistem yang telah dibuat ? Hmm, apa guna pekerjaan yang kemarin dilakukan jika ternata sama saja ada ataupun tidak adanya sistem.

Quote diatas baru kami rasakan setelah kami breakdown apa sich yang sebenarnya dilakukan oleh masing2 anggota team dalam 2 minggu terakhir setelah semua sistem dibuat, produk diluncurkan, infrastruktur baru dan juga anggota team bertambah …. satu persatu mulai terkuak bahwa ternyata apa yang sekarang kita lakukan bukanlah aktivitas kita dahulu. Aktifitas yang sekarang dilakukan jauh berbeda dengan apa yang dulu dikerjakan. Perbedaan paling utama adalah jika dulu melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan rutinitas saat ini melakukan pekerjaan lebih pada penjualan bahkan di backline sekalipun. Penyebab kedua dan yang membuat semakin sibuk adalah satu Customer Service saat ini mampu melayani sampai 10 pelanggan sekaligus dalam satu waktu dengan respon yang cepat, mengingat semua data pengetahuan dasar dan pertanyaan yang sifatnya dasar telah kita siapkan formula jawabannya. Bukankah ini jauh lebih mudah dengan sistem ini? tapi kenapa masih sibuk ?

Akhirnya kami bisa menyimpulkan bahwa tujuan LEBIH MUDAH itu telah tercapai, dan kami harus sadar bahwa ‘lebih mudah’ seharusnya bukan tujuannya kami, dengan sistem yang dibuat kami telah melayani dengan lebih mudah, dengan lebih mudah kami mampu melayani lebih banyak pelanggan dalam satu waktu, dengan melayani pelanggan lebih banyak maka tampak pekerjaan tidak lebih mudah dari sebelumnya … disinilah kami sadar ternyata kami telah mengerjakan sesuatu dengan LEBIH BAIK, bahkan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Seluruh team mengerti bahwa masalah yang dihadapi sekarang adalah Happy Problem kenaikan di semua elemen administrasi, teknik, dan penjualan. Tentunya seluruh team kami akhirnya berdoa agar masalah happy problem ini terus menghampiri kita setiap saat dan berharap besok happy problem kita akan jauh lebih besar dari hari ini.

Bagaimana dengan bisnis Anda ? Sudahkan Anda memiliki happy problem ? Jika belum belajarlah untuk menjadi lebih baik mulai dari saat ini juga ….

Isn’t that … Interesting ?

Have a blessed Day …