listening online radioKali ini saya sedikit berpromosi tentang produk baru Radio Online dari Jagoan Hosting Indonesia.

Online Audio Streaming agar lebih mudah saya akan menyebut ini dengan istilah yang lebih dikenal radio online. Belum banyak yang melirik produk ini, karena memang belum populer. Kali inipun saya juga tidak akan membahas bagaimana membangun bisnis media dengan radio online, tetapi mencoba melihat bisnis apa saja yang bisa memanfaatkan adanya radio online. Dalam benak saya bisnis / profesi yang bisa memanfaatkan media ini antara lain :

Penyanyi / Grup Band Indie / Studio Musik

Menembus dapur rekaman sulit? mengeluarkan biaya rekaman sendiri juga butuh modal besar, dengan memiliki media radio online sendiri, memutar lagu ciptaan sendiri bukan lagi hal yang sulit. Radio Online bisa menjadi sarana promosi yang murah meriah

Pembicara / Trainer

Promosikan diri Anda dengan membiarkan promo2 dan cuplikan2 Anda didengar, seperti halnya radio konvensional, Anda bisa menenukan jadwal talkshow Anda sendiri dan berinteraksi dengan pendengar

Bisnis yang menargetkan pada fans grup musik ternama

Buat website yang menjual pernak – pernik tentang grup band yang fans nya merupakan market Anda, tambahkan radio online yang bisa interaktif dengan mereka. Semakin lama mereka di website Anda semakin banyak pernak – pernik yang dipesan.

Komunitas

Hmm yang ini bukan bisnis sepertinya, tapi lebih pada manfaat berbagi dan sosialisasi, keren juga kalau komunitas entrepreneur memiliki siaran yang isinya nanti merupakan motivasi atau sharing dari anggota komunitas tentang bisnis yang sedang digeluti. Surabaya Entrepreneur Club Online Radio atau Tangan Diatas Online Radio ? Boleh juga, ada yang mau ngurusin nggak ya?

Dan mungkin masih banyak lagi bisnis yang bisa memanfaatkan media ini, kalau terbayang lagi akan saya tambahkan … atau ada yang mau nambahin?

Untuk membangun Radio Online ini cukup mudah, yang dibutuhkan hanya Komputer yang terkoneksi dengan internet + satu paket VPS Radio Online dari Jagoan Hosting. Komputer akan digunakan sebagai media input, jika hanya memutar lagu bisa menggunakan winamp dengan plug in ShoutCast yang bisa didapatkan dengan gratis. Jika ingin live on air, cukup melengkapi komputer dengan microphone dan program audio agar bisa masuk sebagai audio pada winamp. Prinsipnya apa yang diputar / disuarakan oleh winamp di komputer Anda akan di broadcast oleh Server VPS ke pendengar.

Pak Romi Satrio Wahono sudah menuliskan detail instalasi untuk Radio Online disini, Langkah 1 & 2 pada petunjuk itu tidak perlu dilakukan karena sudah menjadi bawaan dari server, pada langkah untuk memasukkan server tinggal memasukkan IP dari server yang telah dipesan di JagoanHosting.

Team kami sendiri membuat demo untuk radio online ini dengan memutar lagu – lagu easy listening, pingin coba mendengarkan silahkan klik disini (untuk bisa mendengarkan Anda harus audio player seperti : winamp, iTunes, WMP atau player lain yang mendukung).

Jika teman2 SEC atau TDA ingin menggunakan fitur demo kami dan mau dikelola untuk kemajuan bisnis & entrepreneur di Indonesia silahkan kontak saya.