Quote In My Desk (QIMD) yang saya baca hari ini berbunyi demikian :

Kunci dalam meraih hubungan yang baik adalah dengan membiarkan orang lain merasa penting

winner-as-teamUngkapan ini sering kali kita dengar atau kita baca dalam berbagai versi yang serupa, kali ini saya akan melihat QIMD dalam hubungan antara Owner bisnis dengan karyawan / anggota team.

Beberapa teman yang datang ke kantor dan melihat kinerja anggota team saya sering menanyakan bagaimana anggota team saya begitu SOLID, seolah mereka bekerja seperti bermain dalam sebuah permainan yang penuh tanggung jawab. Dan saya selalu menjawab bahwa ada RAHASIA SEDERHANA yang selalu kami lakukan, dan kebetulan QIMD kali ini ‘memaksa’ saya membagikan kepada Anda semua … Ini dia rahasianya …

Prinsip dasar yang harus kita semua ketahui adalah : ‘siapa harus melayani siapa’. Anda bisa melihat bagan yang selama ini saya gunakan dan selalu saya share pada semua anggota team. Dalam pandangan saya ini sangat penting karena dari sinilah sebuah hubungan baik antara anggota team dengan pemimpin team dapat terbentuk dengan baik.

Banyak owner / pemimpin team [selanjutnya saya sebut  team leader (TL)] merasa dan melihat anggota team [selanjutnya saya sebut team member (TM)] merupakan kumpulan orang yang harus melayani dia. Karena TL sudah mengganggap TM dalam pandangan demikian efek baliknya TM akan melihat TL sebagai monster yang harus selalu dilayani bahkan sebagian sampai ditakuti.

Beberapa TL menjadi bangga dengan kondisi seperti ini, mereka tidak sadar bahwa apa yang dilakukan oleh TM bukanlah suatu yang dilakukan karena motivasi pribadi melainkan merupakan kewajiban mereka melayani TL. Sering kali kita melihat banyak TM yang ketika ditinggal pergi TL (sekalipun hanya untuk sekedar makan siang) menjadi ‘feel free’ untuk bisa melakukan sesuatu yang selama ada TL tidak bisa dia lakukan.

Berikutnya, ketika mendadak TL kembali dan TM masih melakukan sesuatu yang ‘menurut’ TL menyimpang, si TL kemudia menuduh TM tidak bertanggung  jawab. Benarkah dalam case seperti ini menurut Anda TM tidak bertanggung jawab ? Silahkan mencoba menjawab ini menurut pendapat Anda pribadi, baru kemudian melanjutkan membaca,  tentunya jika Anda masih ingin mengetahui rahasia bagaimana saya harus meminta anggota team saya untuk pulang karena ada yang jam 11 malam masih asyik bekerja. Jika perlu silahkan tuliskan jawaban Anda di kolom komentar yang ada dibawah.

bagan-teamBagan disamping inilah yang bisa menjawab pertanyaan saya ketika pertama kali mengikuti Business Coaching tentang membentuk team yang tangguh. Kali ini saya akan batasi hanya pada hubungan antara TL (Owner) dengan TM (Team). Sangat gamblang dalam hubungan ‘siapa melayani siapa’ disamping pelanggan dari TL adalah TM bukan sebaliknya.

TM adalah pelanggan TL. Yup, Anda tidak salah baca. 100% benar. Nah layaknya sebuah usaha selalu berusaha semaksimal mungkin melayani pelanggan demikian juga TL harus dengan kemampuan maksimalnya senantiasa berusaha melayani TM dengan baik. Dengan demikian secara otomatis TM akan menjadi pelanggan fanatik bagi TL.

Layanan TL ke TM yang paling utama sejauh pengalaman saya adalah sisi Psikologis tentunya tidak mengesampingkan Benefit TM berupa materi. Sisi materi penting tapi bukan merupakan hal yang utama selama Anda bisa menjamin itu layak (setidaknya Anda tidak pernah memberikan sesuatu dibawah ketetapan UMR pemerintah).

Bentuk psikologis seperti melibatkan mereka dalam keputusan team, membiarkan mereka membentuk aturan main yang disepakati bersama dengan mengacu pada aturan perusahaan, mencoba semaksimal mungkin mengerti kebutuhan pribadi dan banyak hal lain yang akan bisa Anda temukan hanya dengan memahami bahwa pelanggan Anda sebagai Team Leader adalah Team Member Anda. Dari sini Anda akan senantiasa membuat seluruh Team Member Anda merasa / melihat / mendengar dari Anda sendiri bahwa mereka sangat penting untuk perusahaan.

Ketika ini telah terjadi dalam perusahaan / kelompok Anda, Anda SEGERA akan bisa melihat bahwa mereka dengan luar biasa memberlakukan konsumen bisnis Anda layaknya Anda memberlakukan mereka semua. Dan efek luar biasa akan berputar seperti bola salju. Semakin baik Anda melayani anggota team, semakin mereka melayani konsumen dengan baik, semakin meningkat bisnis Anda dan pada akhirnya akan meningkatkan apa yang Anda dapatkan bahkan mendapatkan sesuatu melebihi keinginan Anda.

Isn’t that interesting ?!
Selamat MELAYANI Team Member Anda …

Salam Gladness …