cuci mobilMobil kotor setelah guyuran hujan menjadi hal yang setiap hari saya dan mungkin juga Anda alami pada beberapa hari terakhir ini. Ini membuat usaha cuci mobil panen, saat menuliskan kembali ide ini saya sedang dalam antrian mencucikan mobil (sebelumnya saya tulis offline saat mengikuti semiloka menulis) .

Benarkah usaha cuci mobil panen disaat musim hujan? Saya pribadi justru lebih jarang mencucikan mobil di tempat pencucian berbayar saat musim hujan.  Kenapa? karena saya tahu nanti sore pasti akan kembali turun hujan, mobil pasti akan kembali kotor. Karena kebetulan nganggur saya terkadang hanya membilas sendiri mobil, asal tidak terlalu terlihat kotor. Apakah demikian juga dengan Anda ?

Otak kanan saya mulai gatal untuk mencoba mencari bagaimana orang seperti saya tetap akan mencucikan mobil di saat sudah tahu nanti akan kembali turun hujan dan mobil pasti kotor kembali? Dan berikut ini yang ada dibenak saya …

Jika seandainya saya pemilik usaha cuci mobil, ini yang akan saya lakukan :

Pertama saya akan memesan spanduk / banner besar dengan tulisan : ”GRATIS! Kami CUCI kembali mobil Anda, jika besok turun hujan“. Ya, saya akan memberikan sebuah garansi bahwa jika setelah pelanggan mencucikan mobil dan satu hari setelah dicuci mobil kembali kotor karena hujan / genangan air. Kami akan kembali mencuci sesuai dengan garansi.

Apakah rugi? Iya jika kita melakukan program itu mentah – mentah, tapi ini strategi saya yang juga langkah kedua setelah memasang spanduk.

Langkah kedua saya lebih dulu mengeluarkan produk baru edisi spesial di musim hujan. Harga produk ini bisa 125% – 150% lebih mahal dari harga cuci mobil biasa. Saya lebih senang dengan harga 150% lebih tinggi. Produk cuci mobil inilah yang tadi kita berikan garansi. Produk biasa tetap kita jual sehingga pelanggan tetap bisa memilih mau ambil cuci biasa tanpa garansi atau dengan garansi cuci kembali mobil jika esok hari turun hujan. Sedikit melatih sales force kita untuk menawarkan kelebihan benefit produk garansi akan semakin meningkatkan musim panen usaha cuci mobil saya.

Berikut analisis sederhana dari stategi ini :

  • Mobil yang kembali kotor karena hujan kemungkinan besar yang kembali kotor adalah bodi luar mobil. Karena kemarin habis dicuci bagian dalam tentu tidak membutuhkan pencucian berat bahkan mungkin tidak memerlukan sama sekali. Dengan harga 150% kita tahu 50% tersebut untuk memncuci bagian luar mobil saja. Baik secara efisiensi waktu maupun tenaga tentu butuh efot yang lebih kecil dari mencuci mobil dalam kondisi normal.
  • Potensi pelanggan mengambil produk garansi ini akan besar karena setiap orang tahu kemungkinan hujan cukup tinggi setiap harinya. Ini menunjukkan potensi klaim dari garansi cukup tinggi, sehingga perbandingannya dari sisi pelanggan dengan mengambil garansi dia akan merasa mencuci kembali mobilnya dengan 1/2 harga. Atau lebih murah 50% pada pencucian kedua. 
  • Frekuensi cuci akan cukup tinggi setidaknya saya sudah membuat dua kali transaksi dibayar dimuka oleh pelanggan yang hari ini mencucikan mobilnya. Jika esok ternyata tidak hujan anggap saja BONUS dari Tuhan hehehe

Akhirnya, ramailah tempat cuci mobil yang saya miliki, dan panen di musim hujan untuk usaha cuci mobil benar – benar menjadi milik saya.

Strategi lain khusus nya dalam men-deliver produk ini tentunya sangat menentukan keberhasilan strategi ini. Dan Anda semua tentu sudah sangat menguasai ini, kalau ada yang mau share meneruskan dengan strategi deliver monggo dibagikan juga. karena blog ini adalah blog diskusi bukan mengajari hehehe

Anda pemilik usaha cuci mobil dan mau menerapkan strategi ini ? Jika kebetulan tempat usaha Anda dalam rute perjalanan saya saya pasti akan mampir dan menjadi pelanggan setia Anda setidaknya di musim hujan ini.

Atau Anda pemilik mobil yang mengalami hal yang sama dengan saya males mo cuci mobil karena akan hujan dan kotor kembali ? Bagaimana jika ada tempat cuci mobil menerapkan strategi kita diatas? Mau jadi pelanggan ?

Salam Gladness