” Kelilingi dirimu hanya dengan orang – orang yang akan mengangkat kamu lebih tinggi. ”

Oprah Winfrey,  presenter dan host Oprah Winfrey Show

network“Memilih teman dalam pergaulan sehari – hari sangat penting” begitulah dalam bahasa ala S.Kd quote bisnis dari Oprah Winfrey diatas. Di kolam mana kita hidup dan ikan apa saja yang hidup bersama sangat menentukan apa makanan kita dan akan menjadi ikan apa nantinya. Apakah ikan yang mengakiri hidup di penggorengan atau ikan yang telurnya atau bahkan siripnya saja berharga lebih mahal dari sebongkah berlian.

Memilih dan memilah teman bukan berarti tidak mau berteman dengan setiap orang. Berteman dengan setiap orang dan membuka jalur pertemanan seluas mungkin adalah hal yang bagus. Tetapi MEMILIH SAHABAT merupakan hal wajib.

Arti Sahabat kali ini saya artikan teman yang cukup sering berinteraksi dengan kita. Dari 20 orang sahabat, kita sudah bisa mengukur seberapa sukses kita dimasa mendatang, setidaknya demikian menurut Roger Hamilton yang setahu saya memperkenalkan “Wealth Network Team” suatu alat ukur kesuksesan kita berdasarkan pada jaringan pertemanan yang kita miliki. Begini cara kerja alat ukur ini :

Pertama, silahkan tuliskan 20 nama sahabat / orang terdekat Anda saat ini, siapa saja yang sering berinteraksi dengan Anda baik dalam tatap muka langsung, email, telepon, chating atau media komunikasi lainnya. Ya. 20 orang yang paling sering berkomunikasi dengan Anda, baik istri, suami, pacar, karyawan, teman bisnis, tetangga atau siapapun. 

Sebaiknya Anda tuliskan sekarang, karena ini hanya akan efektif dan bisa bekerja jika Anda menuliskan 20 nama itu sekarang. Tidak ada salah atau benar, tetapi tanpa 20 nama sahabat Anda sekarang, ini tidak berarti apapun.

Seperti halnya membaca novel langsung ke halaman belakang dan mengetahui akhir cerita membuat alur cerita dalam novel tidak lagi berarti, demikian juga mengetahui cara kerja alat ukur ini tanpa lebih dulu menuliskan 20 nama akan membuatnya menjadi hambar dan tidak lagi bisa mengetahui nilai sesungguhnya.

Silahkan ambil kertas atau buka notepad di komputer Anda sekarang. Selama browser ini tetap terbuka, saya dan tulisan blog ini akan tetap setia menunggu Anda sampai selesai menulis 20 nama sahabat Anda.

Baiklah kalau sudah selesai, btw boleh saya tahu berapa lama Anda menuliskan nama 20 orang teman?  5 menit , 10 menit, 20 menit atau lebih dari 30 menit?

Apakah mengalami kesulitan?

Jika iya saya pun demikian pada awal menggunakan alat ukur ini. Sekarang karena terbiasa mereview daftar 20 orang dalam network saya setiap bulannya sehingga jauh lebih cepat dalam menuliskannya. Oh iya pastikan Anda memiliki 20 nama, jika kurang tulis saja siapa yang Anda ingat, kita akan bersama memperbaikinya nanti.

Kita akan mengelompokkan 20 sahabat yang sudah kita list tadi kedalam 4 kelompok network :

1. RESOURCE NETWORK
Sahabat dalam kelompok ini adalah sahabat yang bisa memberikan peluang, pengetahuan atau keuangan yang kita butuhkan untuk meningkatkan kapasitas diri kita. Kelompok network ini dibagi menjadi 3 kategori :

  • OPPORTUNISTS
    Sahabat yang bisa memberikan ide dan peluang baru, sahabat tempat kita mengadu untuk mendapatkan solusi yang kita butuhkan.
  • ADVISORS
    Sahabat kita ini memiliki dan bersedia membagi pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Dia memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih dibandingkan kita. Mentor Anda atau orang – orang yang Anda kagumi seringkali menjadi sahabat Anda di kategori ini.
  • FINANCIERS
    Sahabat ini selalu mendukung Anda untuk sukses dengan bersedia membantu memenuhi kebutuhan yang Anda perlukan, bersedia mendanai proyek / bisnis Anda, memberikan pinjaman dana pada bisnis Anda. Banker, Investor, atau siapapun yang membantu Anda di sisi keuangan merupakan sahabat Anda di kategori ini. 

Silahkan lihat kembali daftar 20 nama yang sudah dituliskan, tuliskan di sisi kanan nama mereka termasuk dalam kategori mana teman – teman Anda. Jika tidak termasuk dalam kelompok ini masih ada 3 kelompok lain, kita tuliskan lagi nanti. Kita coba apakah mereka masuk dalam kelompok kedua.

 

2. SUPPORT NETWORK
Sahabat dalam kelompok ini mendukung kita baik secara moral dan tindakan untuk meraih kesuksesan. Kelompok network ini juga dibagi menjadi 3 kategori :

  • PEERS
    Sahabat ini merupakan teman seperjuangan, orang yang kita bisa saling belajar untuk sukses, membuat kita lebih percaya diri bahwa kita berada pada jalur yang benar, saling memberikan masukan positif dan kritikan yang membangun. Teman yang bisa untuk berbagi saling memberi dan menerima dengan seimbang. Sering kita menemukan sahabat di kategori ini dalam suatu komunitas / perkumpulan.
  • ADVOCATES
    Merupakan sahabat yang senang membantu Anda, secara aktif merekomendasikan Anda atau bisnis Anda pada jaringan pertemanannya, membantu Anda menemukan network baru. Sahabat yang percaya pada kemampuan Anda dan menceritakan kemampuan Anda pada orang lain. Dia juga menjadi sumber referensi orang yang baru Anda kenal untuk mengetahui siapa diri Anda.
  • SUPPORTERS
    Sahabat Anda kali ini memberikan dukungan secara moral tetapi tidak terlibat langsung dalam aktifitas kesuksesan Anda. Sekalipun tanpa terlibat langsung tanpa dukungan mereka Anda merasa ada yang kurang. Sahabat biasanya adalah anggota keluarga.

 

Kembali kita melihat daftar 20 nama, tuliskan di sisi kanan nama mereka termasuk dalam kategori mana network kita. Jika tidak termasuk dalam kelompok ini masih ada 2 kelompok lain, kita tuliskan lagi nanti. Kita coba apakah mereka masuk dalam kelompok ketiga.

Oh ya sebelum membahas kelompok ketiga, saat ini Anda masih boleh menuliskan satu nama masuk dalam 2 kategori berbeda, nanti setelah semua kategori kita bahas baru akan kita tentukan di kategori mana sesorang paling dominan.

 
3. PRODUCTION NETWORK
Sahabat dalam kelompok ini merupakan orang yang membantu melakukan eksekusi di lapangan. Pada kelompok ini kita akan bagi menjadi 2 kategori saja :

  • MANAGERS,
    Seorang sahabat yang bisa mengerjakan pekerjaan dalam bisnis Anda, bahkan dia bisa mengerjakan sesuatu pekerjaan lebih baik dari Anda. Dia juga memberikan laporan langsung pada Anda apa yang dikerjakannya. Mampu melakukan pekerjaan manajemen untuk membuat bisnis Anda menjadi lebih baik. Sahabat Anda ini juga merupakan orang yang loyal terhadap Anda atau bisnis Anda. Karyawan bisa masuk dalam kategori ini sekalipun jabatannya bukan seorang manager.
  • TEAM,
    Merupakan sahabat Anda yang mengerjakan pekerjaan keseharian dalam bisnis Anda, karyawan yang tidak masuk dalam kategori Managers sebagian besar merupakan network anda di kategori ini.

 

Mari kita review kembali daftar 20 nama kita, dengan kelompok ketiga barusan. Masih ada nama yang belum masuk kategori, ini dia kategori terkahir dalam alat ukur kita kali ini :

4. POVERTY NETWORK
Sahabat yang berada di bawah Anda secara pengetahuan, keuangan atau hal – hal lainnya. Sahabat Anda dalam kelompok ini juga berpotensi untuk menghancurkan mimpi dan motivasi Anda untuk sukses. Kelompok ini terdiri dari 4 kategori, yaitu :

  • DOOMSAYERS
    Sahabat kita ini selalu membicarakan atau mengungkapkan hal – hal yang negatif, apa yang menjadi topik saat kita berinteraksi dengannya merupakan pembicaran negatif. Mungkin kalau saat ini yang dibicarakan selalu akibat krisis global, menyesali hujan setiap hari, jualan sepi, pokok yang negatif semuanya dech.
  • DISTRACTORS
    Sahabat dalam kategori ini dalam melihat sesuatu seringkali melihat dari sudut pandang negatif. Hal yang pertama dia lihat / katakan saat Anda menghadapi sesuatu adalah sisi negatif nya. Misal Anda ingin pergi ke suatu tempat baru, dia akan melihat masalah yang ada di tempat baru itu entah itu macet, sepi, transportasi susah dan semua hal negatif lainnya.
  • DOUBTERS
    Sahabat dalam kategori ini tidak memiliki keyakinan apapun untuk sukses, dan parahnya lagi dia mencoba mempengarui Anda. dulu saya punya teman di kategori ini dia selalu bilang bahwa saya harus jadi sarjana untuk bisa kaya, dia selalu mempengarui bahwa saya ga bisa sukses kalau tidak sarjana. Mungkin dia benar untuk bisa sukses menjadi sarjana bisa membantu kita, tapi tidak berarti kalau bukan / belum sarjana kita tidak bisa sukses. Ini dia kategori teman yang bisa mempengaruhi Anda melakukan hal – hal buruk. Bisa jadi teman dalam kategori ini yang menjerumuskan Anda dalam hal – hal negatif, korupsi, suap, narkoba, miras dll
  • PASSENGERS
    Sahabat dalam kategori ini tidak memberikan efek apapun dalam aktifitas kesuksesan Anda. Tidak membuat lebih baik juga tidak membuat Anda lebih buruk. Dia tidak memberikan pengaruh apapun dalam kehidupan Anda.

 

Semua kategori dalam alat ukur kali ini sudah kita coba bahas, sekarang silahkan review kembali daftar 20 nama Anda, jika masih ada satu orang yang masuk dalam 2 atau lebih kategori silahkan tentukan mana yang lebih dominan SAAT INI.

Setelah mendapatkan satu kategori paling dominan untuk setiap nama kita akan mencoba menghitung berapa nilai network kita saat ini, cara meghitungnya cukup mudah :

1. Kalikan dengan 5, sahabat di kelompok Resource Network
2. Kalikan dengan 3, sahabat di kelompok Support Network
3. Kalikan dengan 2, sahabat di kategori Managers
4. Kalikan dengan 1, sahabat di kategori Teams
5. Kalikan dengan -1, sahabat di kategori Doomsayers
6. Kalikan dengan -2, sahabat di kategori Distractors
7. Kalikan dengan -3, sahabat di kategori Doubsters
8. Kalikan dengan 0, sahabat di kategori Passenggers

Sekarang Jumlah kan nilai network Anda saat ini, berapa nilai Anda? Anda bebas menuliskan nilai Anda saat ini di kolom komentar.

Jika nilai Anda dibawah 50 silahkan review kembali dan ingat kata – kata Oprah dalam Qoute kita hari ini, segera tambahakan nilai Anda dengan mencari network / teman baru dan jika perlu kurangi bahkan tinggalkan interaksi yang sering dengan teman yang mengurangi nilai Anda.

Sejak pertama kali mengetahui alat ukur kesuksesan ini, saya membiasakan diri mereview tiap akhir bulan dengan siapa saja saya berinteraksi intensif bulan ini, dan kembali mengulang test ini sehingga saya tahu apakah jaringan sahabat saya bertumbuh bulan ini.

Nilai seorang sahabat bisa berubah saat kita melakukan update test pada waktu yang berbeda. Jika Anda melihat atau merasakan ini berguna untuk membat anda meraih sukses Anda boleh melakukan kembali test ini setiap bulan, 3 bulan, 6 bulan atau satu tahun. Dan Anda boleh kembali menuliskan nilai Anda di kolom komentar disini nantinya.

Saat menuliskan ini, saya baru saja mereview nilai network saya tahun 2008 ini. Nilai network saya tahun ini setalah di rata – rata 68, dan untuk bulan desember 2008 ini 70. Saat pertama kali mengunakan alat ukur ini nilai saya 59.

Selamat berhitung dan segera menjadi sukses.

Salam Gladness. Selamat Tahun Baru 2009.

NB: Qoute In My Desk kali ini saya baca di Jawapos, halaman 7 tanggal 31 Desember 2008.